IHSG melambung, terkerek aksi korporasi sebesar BUMN

IHSG melambung, terkerek aksi korporasi sebesar BUMN

Ada beberapa kelakuan korporasi perusahaan BUMN untuk melaksanakan konsolidasi, salah satunya merger bank syariah, itu dinilai positif investor

Jakarta (ANTARA) – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Pasar uang Efek Indonesia (BEI) pada Rabu sore ditutup menguat seiring secara penilaian positif investor terhadap kesibukan korporasi BUMN.

IHSG ditutup menguat 43, 52 poin ataupun 0, 85 persen ke kondisi 5. 176, 09. Sementara kawanan 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak naik 12, 72 poin atau 1, 62 tip menjadi 796, 27.

“Ada beberapa aksi korporasi kongsi BUMN untuk melakukan konsolidasi, lengah satunya merger bank syariah, itu dinilai positif investor, ” ujar Direktur Utama Andreas Yasakasih pada Jakarta, Rabu.

Baca juga: Merger bank BUMN syariah ditargetkan rampung Februari 2021

Baca juga: Erick Thohir membuka tujuan dan harapan dari koalisi 3 bank BUMN syariah

Selain itu, lanjut tempat, sejumlah BUMN yang akan membentuk holding untuk memproduksi baterai kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) menambah sentimen positif bagi pasar modal.

Ia menyampaikan pembentukan holding itu diinisiasi oleh MIND ID, melalui PT Aneka Tambang Tbk, di dalamnya juga termasuk PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

Kemudian, ia menambahkan, Kementerian BUMN yang terus melakukan transformasi di perusahaan pelah lidah merah dalam rangka membangun ekosistem rantai pasok yang andal menambah harapan positif bagi investor bahwa pemulihan ekonomi nasional akan lebih cepat.

“Pembenahan memang harus dilakukan dari sekarang, sehingga pada saat COVID-19 mereda BUMN sudah siap bergerak dan mendorong kinerja industri, ” ucapnya.

Baca juga: KemenBUMN: Penjara seumur hidup koruptor Jiwasraya adalah peringatan

Baca juga: Sri Mulyani ungkap siapa pemimpin di era transformasi digital

Terkait sentimen ekonomi makro, Andreas meyakini, ekonomi kuartal III tarikh ini akan lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya yang minus lima persen.

Penutupan IHSG sendiri diiringi aksi beli saham oleh investor asing yang ditunjukkan dengan jumlah jual bersih asing atau net foreign sell sebesar Rp58, 58 miliar.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 918. 415 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14, 43 miliar lembar saham senilai Rp12, 16 triliun. Sebanyak 213 saham naik, 217 saham menghunjam, dan 161 saham tidak bergerak nilainya.

Sementara tersebut, bursa saham regional Asia burit ini antara lain Indeks Nikkei menguat 24, 91 poin ataupun 0, 11 persen ke 23. 626, 73, Indeks Hang Seng naik 17, 41 poin ataupun 0, 07 persen ke 24. 667, 09, dan Indeks Straits Times melemah 11, 63 poin atau 0, 45 ke dua. 556, 02.

Baca juga: Saham Hong Kong dibuka naik, Indeks Hang Seng terangkat 0, 65 tip

Baca juga: Saham China dibuka roboh, setelah raih untung 3 hari beruntun

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020